
Salah satu ciri khas dari kelasnya DJ Arie pasti gak lepas dari siaran di radio. Ya iya lah, secara DJ senior di Bandung gitchueee. Well, DJ Arie bilang, "Apapun bentuknya public speaking itu pasti berawal dari teknik siaran di radio. Entah seseorang mau jadi MC, presenter TV atau presentasi. Teknik siaran bisa di adopsi dimana-mana,". Mungkin bedanya ngemsi, presentasi atau presenter enggak perlu pake ngatur track dan mixing kali ya. Hehe.
Kali
ini DJ Ari membahas pentingnya
menentukan angle dan ghost effect. Angle diperlukan untuk menentukan kata kunci
yang paling menarik dari sekumpulan informasi yang harus disampaikan pada pendengar.
Ini penting buat penyiar radio disaat harus menyampaikan informasi penting atau
iklan. Misalnya, ada sekumpulan informasi seperti berikut.
Materi Sponsor : Tiap
pembelian 1 paket nasi di Cute Resto&Caffee, konsumen akan mendapatkan
gratis omlette. Penawaran berlangsung setiap hari pada jam 12-2 siang. Setiap
pembelian 50 ribu, konsumen juga akan ikut undian berhadiah voucher senilai 100
ribu. Cute Resto&Caffe, the only one original taste.
Kalo
penyiar radio menyampaikan informasi diatas dengan cara MEMBACA saja tentu
tidak enak di dengar. Coba saja, sahabat baca trus rekam pake recorder di
ponsel dan dengarkan sendiri. Gak asik yah? Kaya baca pengumuman. Tentu
pendengar pun tidak akan tertarik dengan penawaran itu. Gimana kalau saya coba
mengambil angle "Tiap Jam 12 sampai jam 2 siang" lalu mengembangkan informasi berdasar materi sponsor.
"Kalo
jam seginian nih, jam 12 siang, enaknya
makan nasi dengan ayam goreng
plus omellete, mantab. . Kalo kamu juga ngebayangin enaknya paket nasi, ayam
plus omllete, langsung aja mampir ke Cute Resto&Caffee. Disana kamu tinggal
pesen paket nasi dan ayam, lalu kamu bakal dapet omllete gratis dari Cute
Resto&Caffee. Tapi harus buruan karena penawarannya sampai jam 2 siang.
Selain dapet ommlete gratis kamu juga
bisa mengikuti undian hadiah voucher 100 ribu di setiap pembelian 50 ribu. Ayo
buruan dateng. Jangan sampai kehabisan deh. Cute Caffee&Resto, The Only
One Original Taste,"
Intinya,
gunakan kalimat bertutur. Seolah olah kamu mengajak berbicara pada satu orang.
Walau pun ada sekian ribu pendengar di luar studio sana. Tujuannya supaya si
pendengar merasa ada yang mengajaknya bicara, spesial hanya pada dia. Nah,
inilah yang dinamakan Ghost Effect. So, hindari kata panggilan yang bersifat
majemuk. Seperti 'kamu semua' 'kalian' 'kamu-kamu' dan panggilan majemuk
lainnya.
Kira-kira
begitulah ilmu yang saya dapat dari DJ Arie di hari Minggu siang 17 Maret 2013.
Thanks ya DJ Arie.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar